Saturday, August 6, 2011

Jaguar


Jaguar adalah kucing besar yang termasuk dalam genus Panthera. Binatang ini ditemukan di benua Amerika. Jaguar merupakan kucing besar ketiga setelah harimau dan singa. ini merupakan kucing terbesar di belahan dunia barat. Tempat ditemukannya jaguar ada di Amerika Tengah dan Selatan sampai Paraguay dan Argentina Utara.

Secra fisik, kucing besar ini merupakan binatang yang paling mirip dengan macan tutul, Walaupun begitu Jaguar memiliki tenaga yang lebih kuat. Jaguar memiliki tempat tinggal di hutan dan alam terbuka. Seperti halnya harimau, jaguar juga menyukai reang. Jaguar memiliki gigitan yang berbeda dibandingkan dengan kucing besar yang lain. Hal ini disebabkan tenaganya yang sangat kuat, yang dengan gigitannya jaguar bisa memecahkan cangkang reptil lapis baja. Pada saat memangsa hewan lain, jaguar lebih sering menggigit bagian kepalanya, ini tentu saja akan menembus tengkorak kepalanya dan mematikan otak mangsanya.


Jumlah jaguar di alam semakin menurun, hal ini karena Jaguar kehilangan habitat alamnya. Kucing besar ini seringkali dibunuh oleh manusia dengan alasan mengganggu peternak dan para petani di Amerika Selatan. Meskipun jumlahnya berkurang, jaguar masih memiliki jangkauan yang luas. Jaguar sring dipakai sebagai lambang (mitos) budaya Amerika asli, yaitu suku Maya dan Aztec.

No comments:

Post a Comment